Home Sport Valentino Rossi Adalah Salah Satu Pembalap MotoGP yang Memiliki Karir Cemerlang. Berikut ini Fakta Menarik Seputar Valentino Rossi

Valentino Rossi Adalah Salah Satu Pembalap MotoGP yang Memiliki Karir Cemerlang. Berikut ini Fakta Menarik Seputar Valentino Rossi

by admin
0 comment

Ajang motogp di masyarakat Indonesia pasti selalu identik dengan nama pemain Moto GP satu ini, yaitu Valentino Rossi. Pembalap kelahiran Urbino, Italia, pada 16 Februari 1979 ini, selama dua dekade lebih malang melintang di kejuaraan bergengsi tersebut. Karir cemerlang Rossi yaitu memperoleh gelar juara dunia pada empat kelas yang berbeda, yang diraihnya hanya dalam waktu tujuh tahun.

Berikut ini fakta dan sejarah karir Valentino Rossi


1. Karir di Sirkuit mulai tahun 1996

The Doctor adalah julukan pembalap motogp untuk Valentino Rossi yang merupakan master balapan di kejuaraan balap motor dunia setelah era Mick Doohan. Karir Valentino Rossi Grand Prix dimulai tahun 1996. Debut pertama Rossi bersama tim Aprilia pada kelas 125cc,  tidak menunggu lama Rossi dapat meraih juara dunia untuk pertama kalinya pada tahun berikutnya. Karir balapan Rossi tidak jauh dari ayahnya, yang merupakan mantan pebalap gp kelas 250cc dan 500cc, Graziano Rossi. Kemudian Rossi hijrah kelas 250 cc masih bersama tim Aprilia dan merai gelar juara dunia pada tahun 1999. 

Awal Karir Rossi (brillio.net)



2. sembilan Kali Juara Dunia
Sepanjang karirnya, Valentino Rossi telah menorehkan 9 kali gelar juara dunia. Dimulai pada kelas 125cc (1997), 250cc (1999), dan tujuh kali juara dunia di kelas 500cc dan MotoGP. Hal tersebut yang membuat Valentino Rossi sebagai salah satu pembalap paling sukses di dunia.


3. Gaji Besar
Dilansir dari Forbes, Valentino Rossi tercatat sebagai salah satu olahragawan dengan penghasilan terbesar di dunia, Rossi diperkirakan memperoleh gaji $22 juta pada musim 2013. Meskipun saat ini gaji Rossi kalah dibandingkan dengan pembalap motogp paling tampan,Marc Marquez yang  digaji Rp 170,3 miliar satu musimnya bersama Repsol Honda. Sementara Rossi dibayar Rp 148 miliar semusim bersama Yamaha.

4. Ikon Yamaha
Awal karir Valentino Rossi banyak memenangi kejuaraan dunia bersama Honda, hingga kemudian meninggalkan Honda dan bergabung bersama Yamaha. Bersama Yamaha Rossi memperoleh gelar dunia pada tahun 2008 dan 2009. Pada tahun 2011 Rossi kemudian pindah ke Ducati dan tidak menghasilkan apa-apa. Hingga pada tahun 2013 Rossi kembali ke Yamaha dan bertahan sampai saat ini dan menjadi salah satu pembalap motogp terbaik di dunia.

You may also like

Leave a Comment