Home Sport Lakukan Gerakan Peregangan Otot Ini, Agar Harimu Berkualitas

Lakukan Gerakan Peregangan Otot Ini, Agar Harimu Berkualitas

by admin
0 comment

Di tengah padatnya aktifitas, terkadang kita lupa dengan olahraga. Jika anda yang tidak sempat olahraga, sempatkan latihan peregangan otot.

Tidak hanya berolahraga, peregangan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena olahraga juga membutuhkan peregangan bukan? Peregangan otot dapat meningkatkan keseimbangan dengan cara membantu mengoordinasikan otot halus di tubuh anda. Untuk itu sebaiknya lakukan macam macam gerakan pemanasan setiap hari secara teratur, agar tubuh dapat melemaskan otot dan sendi yang kaku.

Otot dan sendi yang fleksibel  tentu membuat anda memiliki ruang gerak yang lebih luas dan terhindar dari rasa nyeri. Gerakan olah badan dari peregangan tidak membutuhkan waktu lama, anda hanya perlu melakukan peregangan otot berikut ini selama lima menit setiap harinya.

Macam macam stretching yang dapat dilakukan dalam waktu singkat

1. Runner’s stretch

Runner’s stretch adalah gerakan pemanasan senam yang sangat bagus untuk tubuh bagian bawah yaitu paha bagian belakang dan pinggul. Yang perlu anda hanya dengan berdiri tegap dan buka kaki selebar pinggul. Kemudian letakkan masing-masing tangan di pinggul dengan kaki kiri mundur ke belakang. Lalu turunkan pinggul secara perlahan hingga lutut kiri menyentuh lantai. Kemudian secara perlahan luruskan kaki kanan dan letakkan tangan di lantai. Lakukan gerakan tersebut selama 30 detik.

Dan lakukan repetisi pada bagian yang lain.

Bound angle (openfit.com)

2. Bound angle

Dari macam macam gerakan pemanasan olahraga, tidak lupa adanya baound angle. Peregangan kedua ini dapat membantu anda mengurangi ketegangan di pinggul dan otot di bagian dalam paha. Caranya duduk di lantai dengan posisi kedua telapak kaki menempel. Kemudian letakkan tangan di atas kaki dan condongkan tubuh secara perlahan ke arah bawah dengan posisi punggung tetap rata hingga kepala mendekat ke arah kedua kaki. Tahan gerakan selama 30 detik dan ulangi jika perlu.

Seated back twist (Pinterest)

3. Seated back twist

Seated back twist  dapat membantu meningkatkan mobilitas, bagi anda yang memiliki masalah tulang belakang. Caranya, duduk di lantai dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Kemudian, silangkan kaki kanan de atas kaki kiri (dengan posisi kaki kanan yang memijak ke tanah) dan lutut dalam posisi tegak.

Putar bahu ke arah kanan perlahan dan tahan posisi ini selama 30 detik.

Ulangi dengan posisi kaki sebelah bergantian.

4. Chest stretch in door

Terakhir adalah peregangan  yang dapat membantu gangguan pernapasan,  dan dapat memperbaiki postur tubuh Anda. Caranya, berdiridi tengah-tengah pintu yang terbuka. Berpeganganlah pada kedua sisi kusen pintu lalu condongkan tubuh ke depan pintu (dengan melangkahkan salah satu kaki ke depan) dorong hingga melewati dada dan bahu. Tahan gerakan selama 30 detik lalu ulangi.

You may also like

Leave a Comment