Home » Anti Lag, AS atau China yang Punya Komputer Tercepat di Dunia?

Anti Lag, AS atau China yang Punya Komputer Tercepat di Dunia?

by admin
0 comment

Komputer tercepat yang dijual di pasaran tentunnya bukanlah apa-apa jika  dibandingkan dengan kecepatan komputer-komputer berikut ini.

Super Komputer merupakan komputer yang memiliki kecepatan pengolahan dan kapasitas super yang ada saat ini. Pada masa lalu super komputer diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1960, yang dirancang oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC). Di masa datang bukanlah tidak mungkin jika teknologi kecepatan super komputer yang ada sekarang, dapat berada dalam genggaman tangan semua orang. Lalu, AS atau China yang teratas dalam urutan prosesor komputer tercepat di dunia?

Rivalitas AS dan China dalam Membangun Komputer Tercepat di Dunia

Berdasarkan dari dari Top500 dan Defenseone, Amerika Serikat dan China berlomba menjadi negara terbanyak yang memiliki teknologi komputer paling canggih di dunia. Tidak hanya banyak, mereka juga berlomba membuat komputer tercepat di dunia. Perlu diketahui bahwa super komputer adalah komputer yang memiliki kapasitas pemprosesan yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer umum. Super komputer juga punya kalkulasi kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan komputer biasa.

Baca Juga:

Begini Konsep dan Teknologi Mobil Masa Depan Alfa Romeo

Blue Bird Akan Gunakan Mobil Listrik pada Armada Terbarunya

Kecepatan pemprosesan super komputer diukur  melalui “floating points operations” atau “flops” per detik. Tidak untuk bermain gim atau mengetik, teknologi super komputer dirancang dan dipakai untuk membuat perkiraan cuaca, simulasi pembuatan senjata nuklir, dan merekam kegiatan antariksa.

Hingga saat ini China memiliki 206 super komputer, dan AS yang hanya memiliki 124 super komputer. Menariknya China adalah negara yang dalam kurun waktu lima tahun terakhir memiliki super komputer terbanyak. Namun, AS tidak tinggal diam dengan mengejar dari segi kecepatan. Superkomputer AS didukung oleh IBM yang merupakan salah satu perusahaan komputer terbesar di dunia. Teknologi IBM tersebut diklaim memiliki kecepatan perhitungannya mencapai 122,3 petaflops per detik (Pflops/s).

Baca Juga:

Chipset Qualcomm Dukung Resolusi Kamera Hingga 192 MP

Konstruksi Rumah khusus Tahan Gempa di Jepang

TaihuLight (top500.org)

Hingga sekarang kecepatan perhitungan maksimal yang ada adalah mencapai 200 Pflops/s, atau setara 6,3 miliar manusia yang membuat perhitungan bersamaan selama satu tahun penuh. Super komputer tersebut bernama Summit dan sekarang  berada di Laboratorium Nasional Oak Ridge Departemen Energi Amerika Serikat. Kecepatan tersebut melebihi super komputer China, Sunway TaihuLight, dengan kecepatan mencapai 93 petaflops. Sebelumnya China juga membuat super komputer, Tianhe-2 atau Milkyway-2, dengan kecepatan 33,9 petaflops.

Pada masa mendatang, AS dan China sedang dalam proses menciptakan teknologi baru untuk mempercepat pembuatan super komputer tercanggih di dunia dengan kecepatan mencapai 1.000 petaflops. AS menargetkan tujuan tersebut pada tahun 2021, sementara China mentargerkan tahun 2019 atau 2020.

You may also like

Leave a Comment